TENTANG MENGHARGAI - AGUSPALBENO.COM web page hit counter

TENTANG MENGHARGAI

Agus Palbeno

Sunkaen-Menghargai dan dihargai itu penting dan wajib bagi setiap orang, karena Tuhan menciptakan kita bukan sendirian tapi banyak dan penuh keragaman, hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kau inginkan, tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki dan sabar menanti apa yang menghampiri. Kata menghargai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti bermacam-macam, di antaranya memberi, menentukan, menilai, membubuhi harga, menaksir harga, memandang penting (bermanfaat, berguna), menghormati.Menghargai itu bermacam-macam,dan  kali ini saya akan membagi tentang cara menghargai . Kita akan membahas dalam beberapa pokok dimana saya sudah menyiapkan listnya.

Berikut List yang akan kita bahas:

» Menghargai Orang Tua

» Menghargai Saudara

» Menghargai Sahabat

» Menghargai Orang Lain

» Menghargai orang yang Berjasa


» Menghargai Orang Tua

Sebagai seorang anak, mungkin merupakan hal yang mustahil untuk bisa membayar atau membalas jasa orang tua kita. Maka, menjadi anak yang berbakti dan menghormati orang tua bisa menjadi salah satu cara untuk kita berusaha membalas jasa mereka. Orang tua berhak mendapatkan rasa hormat dan kasih sayang kita. Sadarilah bahwa kedua orang tua kita merupakan mata rantai penting kehadiran kita di dunia ini. Orang tua adalah anugerah Tuhan yang tidak bisa kita pilih atau tentukan. Jadi bersyukurlah, karena apa yang diberikan oleh Tuhan itu lah yang terbaik untuk kita.

» Menghargai Saudara

Pentingnya menjaga hubungan adik dan kakak, yakni melatih sikap tanggung jawab dan belajar menyayangi orang lain. Berbeda dengan teman yang mudah datang dan pergi, teman yang datang karena ada maksud dan tujuan.

Saudara sekandung adalah dukungan dan kasih sayang yang takkan pernah putus.So kamu harus tetap akur dan selalu menghargai saudara-saudara kamu.

» Menghargai Sahabat

Persahabatan yang tulus tidak akan pernah memamfatkan sahabatnya sendiri, sahabat itu adalah bagian dari hidup,dimana setiap suka dan duka kita selalu bersama,saling meingatkan jika ada yang kurang baik dari sikap maupun perbuatan. Sahabat yang baik adalah saat mereka dibelakangmu, mereka memotivasimu. Dan saat dia didepanmu, mereka tak akan melupakanmu.

Sahabat bukan mereka yang menghampirimu ketika butuh, namun mereka yang tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh.Kita harus menghargai sahabat kita, terkadang kita harus tahu situasi apakah sahabat kita butuh masukkan atau tidak saat Bad Mood.

 

» Menghargai Orang Lain

Bersikap ramah terhadap orang lain baik dikenal maupun tidak kita kenal.Ketika kita bersikap ramah terhadap orang lain maka orang lain juga akan menunjukan sikap bersahabat kepada kita. Tidak perlu menjatuhkan orang lain untuk membuat kamu maju, tidak perlu menginjak kepala orang lain untuk membuatmu naik. Faktanya, sering kali manusia lupa untuk menghargai manusia lain. Tidak peduli, cuek, bahkan meremehkan orang lain.

Menghargai orang lain adalah menghormati hak asasinya. Hindari memaksa atau melakukan intimidasi terhadap orang lain agar melakukan sesuatu yang diluar wewenang anda.

» Menghargai orang yang Berjasa

Selain kedua orang tua kita, masih ada banyak sekali deretan orang-orang yang berjasa bagi hidup kita, seperti bapak / ibu guru, sahabat, dan orang lainnya yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup kita saat ini, entah itu dalam hasil peningkatan ilmu, peningkatan karir, peningkatan ekonomi, dan juga peningkatan kualitas hidup kita secara umum lainnya. Maka dari itu kita perlu memberikan setidak-tidaknya ucapan terimakasih, bantuan apapun jika kita mampu, do’a tulus dan ikhlas atas kesehatan dan kebahagian hidup bagi mereka, serta upayakan satu hal utama untuk menghargai jasa-jasa orang-orang terbaik dalam hidup kita yakni dengan selalu belajar, berusaha dan berdoa untuk menjadikan diri kita seperti apa yang mereka inginkan.

 

Okey sahabat Agus Palbeno, Smoga bermamfaat ya. Jangan lupa share biar ilmu itu tidak menetap.Terima kasih.